Sabtu, 17 Desember 2011

KOMPUTER

KOMPUTER

Apakah anda pernah mendapat pertanyaan tentang apa itu computer ? coba anda renungkan dan mencoba untuk menjawabnya dan jangan kaget bila pertanyaan itu sulit untuk dijawab.Istilah computer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk pemikiran orang yang berbeda. Istilah computer (computer) diambil dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon).


Berikut ini adalah beberapa definisi tentang computer yang disajikan oleh beberapa buku computer :

v  Menurut buku Computer ANNual (Robert H. Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :

Ø  Menerima input,
Ø  Memproses input tadi sesuai dengan programnya,
Ø  Menyimpan perintah – perintah dan hasil dari pengolahan,
Ø  Menyediakan output dalam bentuk informasi.

v  Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders)
Komputer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah – langkah instruksi – instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

v  Menurut buku Computer Organization (V.C Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

v  Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori)
Komputer adalah suatu pemrosesan data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan arithmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini di ambil dari American National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Tehnical Committee).

v  Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis)
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa computer adalah :

1.      Alat elektronik.

2.      Dapat menerima input data.
3.      Dapat mengolah data.
4.      Dapat memberikan informasi.
5.      Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer (stored program).
6.      Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan.
7.      Bekerja secara otomatis.

Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya computer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.

Sistem Komputer

            Supaya computer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk system computer (Computer System). Sistem adalah jaringan dari pada elemen – elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melakukan suatu tujuan pokok dari system tersebut.

            Tujuan pokok dari system computer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok terlaksana, maka harus ada elemen – elemen yang mendukung yaitu : hardware, software, dan brainware.

Kemampuan Komputer
           
Kemampuan computer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picoseconds. Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picoseconds.

Tabel. Satuan waktu kecepatan proses computer.

Satuan waktu
kecepatan

Millisecond                (ms)
Microsecond              ( us )
Nanosecond               ( ns )
Picosecond                 ( ps )           

Ribu operasi perdetik (1/1000)
Juta operasi perdetik (1/1000.000)
Milyard operasi perdetik (1/1000.000.000)
Triliun operasi perdetik (1/1000.000.000.000)
Siklus Pengolahan Data

            Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yitu input, processing dan output.
INPUT
PROCESSING
OUTPUT
 



Gambar. Siklus pengolahan data.

            Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pengolahan data yang dikembangkan (expanded data processing cycle) dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan lagi, yaitu origination, storage dan distribution.
DISTRIBUTION
OUTPUT
PROCESSING
INPUT
ORIGINATION
                             

OUTPUT
 


Gambar. Siklus pengolahan data yang dikembangkan
Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
Input. Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses computer lewat alat input (input device).
Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.
Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data kea lat output (output device), yaitu berupa informasi.
Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
Storege. Tahap ini merupakan perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya. Pada gambar, tampak adanya 2 buah anak panah yang berlawanan arah, menunjukkan hasil pengolahan dapat di simpan di storage dan dapat diambil kembali untuk proses pengolahan data selanjutnya.
Pengolahan Data Elektronik
            Pengolahan data dengan menggunakan computer terkenal dengan nama Pengolaan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka – angka, huruf – huruf atau symbol – symbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu di olah lebih lanjut. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
 Informasi (information) adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu computer.
by :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar